Tips Berwisata Cantik di Air Terjun



Sebagai penggemar air terjun, saya selalu menyempatkan mengunjungi air terjun di daerah yang saya kunjungi. Dari seringnya main ke air terjun, saya sering melihat beberapa pelancong yang sepertinya salah tempat atau kurang persiapan. Nah, disini saya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang berwisata ke air terjun.


1.      Alas kaki yang sesuai
Kebanyakan air terjun terletak di pegunungan, so, gak mungkin kan kalau jalannya mulus beraspal apalagi berlantai marmer macam di mall. Karena itu, pakailah alas kaki yang sesuai sehingga high heels tentu menjadi pilihan paling akhir. Sepatu sendiri menurut saya merepotkan, apalagi yang berbahan kain, disamping mudah basah, males kan kalau harus melepas dulu sebelum main air. Saya pribadi lebih suka memakai sendal gunung, disamping tidak selip, mencengkram dengan kuat, dapat pula langsung terjun ke air tanpa takut basah. Ingat, air terjun itu di Gunung!

2.       Persiapan fisik
Tidak jarang kita harus jalan kaki yang lumayan menguras keringat demi menuju air terjun yang ingin kita datangi. Karena itu, pastikan tubuh kita dalam kondisi fisik yang sehat dan prima. Repot kan kalau sampai kram atau sakit perut di tengah jalan. :)

3.       Air terjun itu basah!
Namanya air terjun pasti ada airnya, nah bagi anak cewek yang suka main di bawah derasnya guyuran air dengan baju lengkap, ada baiknya perhatikan saran berikut: jangan memakai kaos warna putih! Kecuali memang sengaja pengen memperlihatkan kulit mulusnya dan sebuah kacamata di bagian depan, baiknya memakai kaos yang berwarna gelap, hehe..

4.       Perhatikan posisi saat memotret
Saat akan memotret di air terjun, disamping kondisi medan yang licin, arah angin juga penting untuk diperhatikan. Jika lensa kamera terlalu lama dihadapkan dengan arah hembusan angin air terjun, lama kelamaan akan mempengaruhi hasil jepretan kita. Dan tentu saja bagi kamera yang tidak waterproof dapat merusak kamera itu sendiri. Kalau malas bawa pelindung kamera, pakai saja pelindung jaket seperti saya, keluarkan kamera saat akan jepret doank, hehe.. Sementara untuk teknik fotografi yang ciamik mungkin dapat melipir ke alamat berikut ini.

5.       Safety first!
Sebaiknya sebelum kita berkunjung ke suatu air terjun tanyakan dulu ke penjaga atau orang sekitar tentang kondisi medan air terjun: kedalaman sungai, amankah untuk berenang, potensi longsor, arus sungai, air bah ketika hujan datang, hewan liar, dsb. Sudah banyak pelancong meninggal di air terjun karena terseret pusaran arus atau terkena longsoran tebing yang labil. So, safety first ya kawan.

Sekiranya itu dulu tips dari saya, moga dapat berguna. (dm) :)

9 comments:

  1. Sipp.. No 1-2 udah perbah mengalami.. Hihihi

    ReplyDelete
  2. Sipp.. No 1-2 udah perbah mengalami.. Hihihi

    ReplyDelete
  3. @mamimarum: maksudnya pake high heel gitu ke air terjun?

    ReplyDelete
  4. itu ada alasannya. karena sy gak tau mau dobawa kemana. jadinya udah dandan heboh eh taunya diajak ke air terjun. salahin yg ngajak dong gak bilang2 mau kmana. ditanya jg diem aja. :-|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... ya maap. apa pernah ya aku ngajal jalan ke mall? :p

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...