Trekking ke Puncak Negeri Andalas (1)

Siapa seh yang gak kenal dengan Gunung Kerinci? Puncak tertinggi di Pulau Sumatra dan juga merupakan puncak gunung berapi tertinggi di Indonesia. Menjulang 3.805 meter dari permukaan laut, Kerinci telah menjadi primadona bagi para pendaki gunung di Indonesia. Selain terkenal dengan ketinggiannya, trek gunung satu ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbeda dengan Semeru dan Rinjani yang memiliki tipikal trek yang landai dan panjang, jalur Kerinci seperti garis lurus yang terjal dan menanjak, langsung menuju puncak.

Pendakian Keluarga Mahendra.
Menuju Kersik Tuo
Walau terletak di Provinsi Jambi, tepatnya di  Kecamatan Kayu aro, Kabupaten Kerinci, rute paling cepat untuk menuju kesini yaitu dari Padang. Kersik Tuo terletak di tengah-tengah jalur antar provinsi Padang-Sungai Penuh. Namun belum ada angkutan umum untuk menuju Kersik Tuo dari Padang, yang ada hanya travel. Walau disebut travel tetapi mempunyai jadwal keberangkatan yang pasti tiap harinya seperti bus antarkota, yaitu pukul 09.00 dan 18.30 dari Padang dan juga sebaliknya dari Sungai Penuh.

Daftar Harga Agen Travel SKW.
Terdapat beberapa agen travel yang melayani rute ini dan rata-rata sudah menerapkan tarif yang sama, 70k untuk mobil jenis elf kapasitas 12 orang dan 90k untuk mobil jenis avanza. Ohya, untuk menuju agen travel yang letaknya berdekatan ini, dari Bandara Minangkabau kita dapat naik bus Damri (18k) arah kota, kemudian bilang aja turun di agen travel.

Perjalanan ke Kersik Tuo dari Padang ditempuh dalam waktu 8 jam. Oleh karena itu, jika kawan mempunyai waktu yang terbatas usahakan ikut pemberangkatan travel yang pagi agar bisa istirahat sebelum pendakian. Kalaupun tidak bisa, daripada menunggu pemberangkatan berikutnya kita dapat mencarter sendiri dengan harga 400-600k tergantung negosiasi. Dari beberapa agen travel yang ada, setelah membandingkan sendiri, saya pribadi merekomendasikan SKW karena harga yang paling bersahabat.

Makan Malam Rumah Makan Padang Asli di Solok.
Bagi yang hendak berangkat dari Jambi atau Bengkulu, kita harus menuju Kota Sungai Penuh terlebih dahulu baru dilanjut dengan rute travel Sungai Penuh-Padang. Dari Jambi ke Kersik Tuo kurang lebih memakan 12 jam perjalanan. Dan bagi yang hendak menempuh perjalanan darat dari arah Jawa bisa dengan bus arah Padang, turun di Muarabungo, baru lanjut ke Kota Sungai Penuh. Perjalanan darat tentu lebih murah, tetapi jika dihitung dari segi waktu dan biaya selama perjalanan menurut saya tidak beda terlalu jauh dengan jalur udara.

Kersik Tuo, Basecamp Kerinci
Kersik Tuo adalah desa terakhir sebelum mendaki Kerinci. Desa ini terbilang sudah ramai dengan adanya pasar dan ATM. Di sini terdapat 5 homestay yang dapat dipakai pendaki untuk bermalam dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu 30 ribu per malam per orang. Homestay yang paling terkenal tentu saja Pondok Paiman yang juga merupakan homestay pertama di Kersik Tuo. Homestay yang didirikan almarhum Pak Paiman ini sekarang diurus oleh cucunya, Tika yang masih belia.


Pondok Paiman.
Ojekers Pondok Paiman.
Sedikit catatan bagi yang hendak bermalam di Pondok Paiman. Pondok satu ini selalu ramai saat weekday oleh para supir dan kernet mobil-mobil distributor. Entah itu mengangkut rokok, minuman ringan, bahkan sayur-mayur. Karena itu sebaiknya kesana saat weekend atau sebelum kesana bisa menghubungi Tika di 085377714011 terlebih dahulu. Orangnya ramah dan periang, serta enak diajak ngobrol. Selain berprofesi juga sebagai ojek Kersik Tuo-Pintu Rimba, Tika juga bisa mengatur perjalanan balik ke Padang atau Sungai Penuh tanpa memungut imbalan.

Seperti Kampung Empat di kaki Gunung Dempo, Pagaralam, mayoritas penduduk Kersik Tuo juga berasal dari tanah Jawa. Jadi jangan heran jika ketika di sini kita akan mendengar logat Banyumas atau Malang. Tak serasa seperti pendakian di Ranah Minang. Dengan adanya pasar, tentu memudahkan kita dalam melakukan pendakian dan dapat mengurangi beban bawaan selama di jalan. Gas dan spirtus pun dapat diperoleh di sini. Memang harganya terbilang lebih mahal ketimbang di Jawa, tetapi saya anggap itu masih wajar.

Kantor R10.
Pintu Rimba.
Untuk memulai pendakian kita bisa langsung berjalan dari Kersik Tuo atau jika ingin lebih menghemat 1-2 jam, kita bisa naik ojek (10k per orang) atau carter angkot ke Pintu Rimba. Pintu Rimba ini semacam gapura ketika memasuki suatu gunung. Di Jawa istilah ini memang jarang digunakan, tapi umum digunakan di daerah Sumatra. Ohya, jangan lupa untuk lapor di R10, yang sebenarnya cuma menulis di buku catatan karena seringkali pos ini kosong.

Kisah berikutnya dapat dibaca pada link berikut. (dm 06.07.13)

8 comments:

  1. dear mimin

    mau tanya kalau dari bandara padang ke tempat travel padang sungai penuh naek damri arah mana min...,?? ada no telp travel SKW .,??di sungai penuh ada losmen murah.,??

    mohon pencerahannya.,.,

    regards

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Bro.. (entah siapa namanya),

      Untuk Damri sepertinya sudah jelas di tulisan di atas. Kontak SKW neh hubungi aja Bang Regar 081363399897. Selamat mendaki. :)

      Delete
  2. ini gunung lokasinya ga jauh dari kampung ku.. muaralabuh, sumbar. dari kecil udah jadi lukisan alami yg aku bisa liat langsung dari jendela.. tapi belum sempat kesanaaaaaaa aaaaaaaaaaakkkkkkkk T-T #iri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nindy, trims udah mampir. Hehe... Maen tak ke sini. Jangan lupa ke Danau Gunung Tujuhnya ya. :)

      Delete
  3. Lagi nyari jalur ke kersik tuo eh dianter mbah google ke blog-nya mas Dhani. Makasih banyak mas tulisannya cukup informatif dan banyak membantu.

    Mohon informasi perjalanan ke Danau Kaco, kalo kemarin sempat mampir ke sana.

    Oh ya, terima kasih banyak kemarin sudah diantar ke Rinjani. Suatu kehormatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... sama-sama. Senang kalau tulisanku bisa membantu. :)
      Danau Kaco itu deket dari Kersik Tuo, setahuku cukup ngojek aja. Belum pernah ke situ, cuma kalau dari puncak keliatan jelas deket Kersik Tuo, ndak sejauh Danau Gunung Tujuh.

      Wah, sama-sama. Makasie perjalanan Rinjani kemarin menyenangkan. :)

      Delete
  4. Om.. nanya dong, klo dr kab.Solok ke kresik tuo transportasinya gmn yah? Mhn pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... tinggal naik travel Padang - Sungai Penuh mas.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...