Jalan-jalan Narsis di Sunda Kelapa

Untuk sekedar menikmati akhir pekan di Jakarta yang murah meriah, Sunda Kelapa tempo doeloe adalah pilihan yang tepat. Bekas pusat pemerintahan jaman Hindia Belanda ini sekarang sudah bertransformasi menjadi kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jalan santai bersama teman-teman, refreshing menikmati suasana, atau sekedar hendak berfoto narsis ramai-ramai dapat dilakukan di kawasan Kota Tua.

Taman Fathahilah
Banyak spot-spot menarik yang bisa dijadikan latar untuk pose narsis kita. Dengan detail bangunan dan ornament yang khas abad pertengahan tentu akan membuat foto bergaya oldies kita lebih keren lagi. Pada akhir pekan suasana akan ramai sekali. Ondel-ondel, band jalanan, dan pantomin akan menghibur pengunjung.

Banyak tempat menarik di kawasan Sunda Kelapa dari museum sampai pelabuhan. Beberapa museum yang dapat kita kunjungi yakni: Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Keramik, Museum Bahari, dan Museum Bank Mandiri. Biaya masuk museum berkisar dari 2000-7000 rupiah, murah sekali. Bahkan Museum Bank Mandiri menggratiskan pengunjung yang menjadi nasabahnya.

Stasiun Beos.

Inside Museum Bank Mandiri.
Selain itu Caffe Batavia yang terletak persis di pojok Taman Fatahillah juga sayang untuk dilewatkan. Jika kita berjalan sedikit ke utara, kita akan menjumpai Toko Merah dan Jembatan Pasar Ayam (Chicken Market Bridge), peninggalan Belanda dari abad ke-17. Dan di ujung perjalanan terdapat Pelabuhan Sunda Kelapa yang sampai sekarang masih berfungsi.
Bergaya Nasionalis.
Jendela di Museum Fathahilah Bisa Menghasilkan Foto yang Cantik.
Tulisan Berbahasa Belanda di Museum.
Lokasi yang umum dijadikan background foto tentu saja Taman Fatahillah dengan Gedung Museum Fatahillah di belakangnya. Tempat lain yang tak kalah bagusnya ada di dalam Museum, di sayap kiri, dimana terdapat bangku taman dengan pagar tembok yang dipenuhi tumbuhan merambat sehingga menimbulkan kesan foto yang unik.
Bangku Taman Overloaded.
Suasana Kota Kua.
Selain itu jika kita mengitari bangunan-bangunan tua di sekitar Taman Fatahillah, banyak spot yang asyik untuk kita jepret sambil bernarsis ria. Bahkan ada satu spot foto yang mengharuskan kita membayar sejumlah uang yang tidak sedikit. Lokasi tersebut berupa bekas gedung tua dengan pohon besar yang tumbuh didalamnya, antik sekali. Kalau sore hari tentu dapat menghasilkan foto dengan efek Rembrant yang oke punya.

Jembatan Pasar Ayam.
Berfoto Narsis di Sunda Kelapa.
Untuk melengkapi foto narsis kita, tentunya tak lengkap jika belum berfoto di Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan yang masih beroperasional tersebut adalah tempat berlabuh bagi perahu pinisi yang terkenal sampai ke mancanegara itu. Ohya, sebaiknya mengunjungi pelabuhan ini pada sore hari saat cuaca tak begitu terik. (dm 130813)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...