Tujuh Lokasi yang Asyik Buat Nenda

Bagi pecinta kegiatan di alam bebas khususnya yang berkaitan dengan gunung tentu akrab dengan aktivitas bertenda. Kadang kala kita harus mendirikan tenda di tempat yang terpencil dan seadanya. Tetapi ada juga lokasi bertenda dengan view yang membuat kita betah berlama-lama. Malahan kadang kita memang sengaja datang ke lokasi tersebut untuk sekedar bertenda alih-alih menuju puncak. Berikut adalah lokasi bertenda yang asyik menurutku. Asyik di sini aku definisikan dari segi ketersediaan sumber air, kenyamanan, dan view yang membuat kangen.

Plawangan.

1.    Plawangan
Plawangan sejatinya adalah pos terakhir sebelum mendaki ke puncak Gunung Rinjani. Lokasi yang berada di pinggir tebing ini mempunyai panorama yang sungguh tiada bandingannya. Dari sini kita dapat menikmati indahnya Danau Segara Anak dari ketinggian. Bayangkan saja pada sore hari duduk bersama kawan-kawan dengan segelas kopi panas di tangan, beuh.. nikmat kawan! Sumber air berada tidak jauh dari lokasi tenda yang dapat menampung sampai 30 tenda ini. Ohya, hati-hati akan logistik yang kita bawa karena banyak monyet nakal di sini.

2.    Ranukumbolo
Pendaki mana yang tidak kenal dengan tempat satu ini. Terletak di jalur pendakian Gunung Semeru, Ranukumbolo menawarkan segala yang dibutuhkan untuk bertenda dengan nyaman di pinggir danau. View danau yang indah tentu menjadi daya tarik utama pendaki bertenda di sini. Selain itu jika kita berjalan sedikit ke balik bukit, terdapat Oro-oro Ombo, padang luas dengan bunga-bungaan yang berwarna ungu atau kuning. Indah sekali. Dengan kontur yang landai dan luas, Ranukumbolo dapat menampung tenda sampai ribuan.

Ranukumbolo.
3.    Danau Gunung Tujuh
Danau yang merupakan danau tertinggi se-Asia Tenggara ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Berbeda dengan Ranukumbolo, Danau Gunung Tujuh tidak berada satu jalur dengan pendakian Gunung Kerinci. Kita harus naik angkot kurang lebih setengah jam dari Basecamp Kerinci. Karena masih jarang dikunjungi, pemandangan di sini sangat asri. Air yang jernih, binatang-binatang di sekitar danau yang masih banyak, dan tentu saja pepohonan yang masih rimbun. Waktu serasa berhenti berputar saja.

Danau Gunung Tujuh.
4.    Cikasur
Cikasur adalah salah satu pos pada pendakian Gunung Argopuro dari jalur Baderan. Dahulu, Cikasur hendak digunakan sebagai pangkalan udara oleh Jepang saat jaman penjajahan. Maka, tak heran jika terdapat padang lapang yang luas membentang dari ujung ke ujung. Persis di belakang lokasi bertenda kita akan menemukan sumber mata air yang banyak terdapat selada air. Ohya, jika beruntung, kita akan menjumpai burung merak di sini.

Cikasur.
 5.    Pondok Selada
Jawa Barat sudah lama terkenal akan pesona alamnya yang indah, salah satunya Gunung Papandayan. Di gunung yang tidak begitu tinggi ini kita dapat menikmati suasana bertenda yang asyik di Pondok Selada. Selain sumber air yang melimpah ruah kita juga dapat menikmati indahnya bunga Edelweis yang banyak terdapat di sini. Untuk sekedar bersantai di akhir pekan, lokasi ini sangat cocok buat bertenda. Pondok Selada dapat menampung sampai puluhan tenda.

Pondok Selada.
6.    Surya Kencana
Satu lagi pesona Jawa Barat yang terkenal adalah Gunung Gede-Pangrango. Gunung satu ini mungkin merupakan gunung yang paling sering didaki karena lokasinya yang paling dekat dengan ibukota. Sebagai salah satu pos pendakian, Surya Kencana menawarkan pemandangan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Padang Edelweis yang luas serta adanya sumber air tentu membuat saat nenda kita semakin nikmat. Surya Kencana dapat menampung sampai ratusan tenda.

Surya Kencana.
7.    Promasan
Tempat satu ini adalah lokasi favoritku untuk bertenda di akhir pekan saat kuliah di Semarang dulu.  Promasan terletak di lereng Gunung Ungaran dan akses kesana pun cukup mudah, cuma satu jam dari pusat Kota Semarang. Bertenda di sini kita akan disuguhi hijaunya kebun teh yang membentang luas serta puncak Ungaran. Promasan sejatinya adalah sebuah dukuh kecil yang lumayan terisolir dengan tiadanya aliran listrik. Dengan pasokan air yang melimpah, Promasan dapat menampung puluhan tenda.

Promasan.
Itulah tujuh lokasi bertenda yang dapat dijadikan alternatif berlibur di alam bebas. Masih banyak tempat-tempat yang menarik lainnya yang bisa dikunjungi. Keep safe, clean, and fun climbing. :) (dm 300713)

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...