Jalan-jalan ke Loakan Buku Bekas

Sebagai orang yang ‘kadang’ mengaku dan dijuluki kutu buku, aku senang menyempatkan untuk mengunjungi loakan buku bekas yang selalu ada di kota-kota besar. Walau sekarang ini buku bacaan sangat mudah untuk didapatkan baik di toko buku besar maupun secara online, hunting buku di loakan bagiku tetap memiliki sensasi yang berbeda. Berhasil mendapatkan buku bagus dan langka yang original tentu menjadi suatu kebanggan tersendiri.

Pemandangan di Shopping.
Loakan buku yang paling terkenal mungkin adalah Kwitang yang sekarang sudah tidak ada lagi. Popularitas Kwitang makin terangkat berkat sebuah film remaja Ada Apa dengan Cinta garapan Rudy Soedjarwo. Gara-gara film ini pula, ketika pertama kali ke Jakarta dahulu, tempat pertama yang ingin kudatangi adalah loakan buku Kwitang, and I did!

Loakan Buku Bekas di Kota Besar Pulau Jawa
Ketika berkunjung ke kota-kota besar, jika ada waktu luang, tempat yang pertama aku cari adalah pasar loakan buku. Semua kota besar pasti memilikinya. Loakan menjadi tempat perputaran buku bekas dari para pecinta buku. Di sini pecinta buku bisa menjual buku-bukunya atau mendapatkan buku-buku yang diidamkan.

Di Jakarta, setelah Kwitang ditiadakan, para pedagang buku pindah ke Pasar Senen, bagian yang dekat dengan Terminal Senen. Selain itu, sebagian lagi pindah ke lantai dasar Mall Blok-M. Dari segi lokasi memang lebih nyaman di Blok-M dan menurutku dari segi kualitas dan kelengkapan bukunya pun masih lebih bagus di sini.

Pembeli yang Tengah Memilih Buku.
Sementara di Kota Semarang kita mempunyai dua pilihan tempat, yakni di Loak’an Pasar Johar lantai dua atau di belakang Stadion Diponegoro. Jika ingin mencari buku pelajaran, di belakang Stadion Diponegoro menawarkan pilihan yang lebih lengkap. Meluncur ke Jogya, kita akan menjumpai loakan yang sudah tertata dengan rapi dan terpusat. Warga Kota Pelajar ini menyebutnya dengan nama Shopping.

Di Kota Pahlawan, Surabaya, loakan dapat kita temui di Jalan Semarang (entah masih ada atau sudah dipindah). Koleksi buku bekasnya lumayan lengkap. Dan jika kawan mengunjungi Bandung jangan lupa untuk membeli buku di loakan yang terletak di Jalan Cikapundung, walau tidak sebesar di kota lain.

Sebenarnya masih banyak lokasi untuk kota-kota besar lainnya, tetapi kebanyakan tidak sebesar dan seluas yang aku sebutkan di atas.

Tips Untuk Hunting Buku di Loakan
Dewasa ini loakan buku sudah jarang menjual buku-buku bekas, kebanyakan malah menjual buku bajakan yang tentunya menawarkan harga jauh lebih murah ketimbang buku aslinya. Namun, sebagai pecinta buku yang baik, pantang untuk membeli buku bajakan. Mending ndak beli dan minjem temen, hehe.. Asal jangan pinjam teman yang beli buku bajakan, parah kalau itu, seperti penadah barang curian saja.

Buku Baru Mendominasi Loakan.
Originalitas. Penting bagiku untuk mengkoleksi buku yang asli, bukan bajakan. Jika kita sering membeli buku, tentunya sudah paham kisaran harga sebuah buku. Nah, jika kita mendapati buku baru (bukan buku bekas) dengan harga hingga seperempat dari harga asli, dapat dipastikan itu buku bajakan. Disamping itu, keaslian buku juga dapat dilihat dari kualitas kertas dan jilidan buku tersebut. Gampang kok.

Kenyamanan. Ketika sampai di Loakan, biasanya pedagang akan langsung menyerbu kita. Jika kita datang hanya ingin melihat-lihat tanpa tahu ingin membeli buku apa, siapkan saja sebuah buku yang sangat susah dicari agar mereka diam. Karena seringkali mereka tidak percaya jika kita hanya menjawab ‘hanya melihat-lihat’.

Harga. Penjual biasanya menghargai buku bekas dari besar-kecilnya suatu buku, selain dari tingkat permintaan pasar. Jadi jika hendak membeli buku ukuran 18 cm, tawarlah dari lima sampai sepuluh ribu. Dan semakin mahal sesuai ukuran buku.  Dalam hal ini, kelihaian kita menawar sangat penting. Trik yang selalu berhasil: Pasang muka yang seolah-olah tidak tertarik dengan buku tersebut. Kalau masih gagal, keluarkan senjata pamungkas: Pura-pura pergi meninggalkan penjual, biasanya kita akan langsung dipanggil lagi.

Sebuah Buku dan Segelas Kopi.
Asyiknya hunting buku di Loakan itu kadang-kadang kita bisa menemukan buku langka atau buku yang ingin kita baca saat kecil tetapi sudah tidak diterbitkan lagi. Pernah aku menemukan satu buku Musashi terbitan lama yang masih terdiri dari tujuh buku, yang menuntun ke perburuan seri yang lain hingga akhirnya lengkap tujuh buku. Happy hunting. :) (dm 150813)

Update 5 Agustus 2014.
Sempet jalan-jalan ke Surabaya dan menemukan Loakan buku di deretan toko sebelah Stasiun Pasar Turi. Sepertinya sudah pindah ke situ. Tidak begitu banyak, namun beberapa koleksinya layak untuk disinggahi. :)

35 comments:

  1. ya, selain menyenangkan, membaca adalah bagian kita untuk berpetualang tanpa beranjak dari kursi kita. sebelum membaca, kesenangan lain adalah memilih-milih buku yg akan kita adopsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul om. Memilih suatu buku yang hendak kita beli itu seperti memilih pasangan. Memilih suatu buku yang hendak kita selami lebih lanjut, kita hayati pemikirannya. Dan mungkin dapat mengubah kita.

      Delete
  2. bagiamana dengan harga buku bekas? apakah lebih murah atau sama saja dengan buku barunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya di tulisan saya sudah dengan jelas dikatakan mas/mbak. :)

      Delete
  3. om kalau rempat jual buku bekas di jakarta nama jalannya apa ?
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nama jalan kurang tau mas. tapi sepertinya sudah cukup jelas di tulisanku mas. :)

      Delete
  4. Kalau di Senin atau di Kota itu dimananya ya Mas??
    Saya sendiri belum pernah membeli buku bekas, dengan alasan tentu, namun setelah berniat membuat perpustakaan saya tertarik mencari Buku Loakan ni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sebelah terminalnya mas, masuk aja ke dalam. keliatan kok dari luar. :)

      Happy hunting. :)

      Delete
  5. sudah jelas sudah jelas mulu...apa susahnya tinggal jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.... La kok Anda lucu, saya balik deh: la apa susahnya tinggal baca? Kalau pertanyaannya gak ada di atas baru saya jawab, la kalau sudah ada kan apa susahnya tinggal baca? :D

      Delete
    2. Gini nih akibat banyakan mkan micin :D

      Delete
  6. Hi Dhani, my name is Haziqah, i'm not really familiar with Jakarta. But, i'm really interested to go hunt for the books. I just know in Jakarta, we can find it in Pasar Senen, may I know what is estimate time and distance between Pasar Senen to Terminal Senen if i'm using public transport TransJakarta?

    Thanks,
    -ZiqahIdris-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Haziqah, thank for come by to my blog.
      But firstly, I dont know the situation right now after fire accident last month, because at this momment I still in remote places. But, if it not relocate yet, so u can find near the Senen Bus Terminal. The book store just aside of it. So if you go there by transjakarta, just stop at Senen Halte and walk to Senen Bus Terminal, it is just infront of Senen Railway Station.

      Happy Hunting. :)

      Delete
    2. Hi Dhani,

      Thank you a lot for the information regarding the fire accidents and the way to the bookstore. Since i have seen Agustinus Book and your coffee picture, may I have your suggestion, what is the title for the Agustinus book that I can read for the beginners? How about Andrea Hirata, is there possibilities that I can found those authors books at Pasar Senen?

      -Ziqah Idris-

      Delete
    3. Your welcome. Maybe you can start to read Selimut Debu from Agustinus and Laskar Pelangi from Andrea. It's a famous book in here. But be carefull buying the unoriginal books. :)

      Delete
  7. Hi kak Dhani aku mau nanya kakak tau gak tempat aku bisa jual buku pelajaran bekas SMA ku dulu di Jakarta? Soalnya syng bgt kalo cuma di kiloin kayak koran abis belinya mahal ehehehe makasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tiffany. Wah, aku belum pernah punya pengalaman jual buku bekas di Jakarta. Tapi ndak ada salahnya coba ke Pasar Senen (sebelah terminal), sapa tau bisa. karena di situ juga loakan, seharusnya terima jual beli. Cuma pastinya, hargnya bakal terjun bebas, hehe... Selamat mencoba. Kalau bisa kabar-kabar ya. :D

      Delete
  8. Mas dani maaf saya ganggu di blog nya mas
    Saya cuma mau nanya kalo saya mau menjual komik saya dr nmr 1-60 kira ira di hargain brpa mas kira kira saya ingin jual komik saya ,mohon bantuan nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas/mbak, saya belum pernah jual komik ke tukang loak, hehe...

      Delete
    2. kalau harga beli komik bekas seh lima ribuan (2013), berarti harga jual lebih murah dari itu. :D

      Delete
  9. tq infonya, gan. saya sudh lama nyari2 tmpat loakan buku d jakarta, kaya yg di jogja kan ada shopping tuh...kpan2 maen k senen ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang tulisanku bisa membantu. :)

      Delete
  10. pernah ke blok M toko buku bekasnya yang jual dikit banget ya T_T, andai lahir tahun era dlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... pas masih ada kwitang ya Mbak?

      Delete
  11. Permisi mas Dhani, jika ada waktu luang, silahkan mampir ke toko buku bekas online kami di www.aksiku.com, mungkin ada beberapa koleksi kami yang diminati. Terima kasih. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap. coba ntar saya mampir, ada yang pengen juga saya beli. nyari di loakan ndak nemu-nemu. -__-

      Delete
  12. wah pasarnya udah gak ada ya mas? padahal pengen banget ke kwitang cari buku bekas, soalnya saya suka sekali buku, sebulan sekali pasti beli buku, walaupun kebanyakan novel si.

    ReplyDelete
  13. wah pasarnya udah gak ada ya mas? padahal pengen banget ke kwitang cari buku bekas, soalnya saya suka sekali buku, sebulan sekali pasti beli buku, walaupun kebanyakan novel si.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, sudah pindah. sama, saya malah novel semua, haha...

      Delete
    2. Iya Mbak, sudah pindah. sama, saya malah novel semua, haha...

      Delete
  14. Tau gak mas kira-kira tempat untuk menjual buku bekas itu dimana?

    ReplyDelete
  15. Suasana dan sensasi sewaktu kita belanja di loakan buku itu emang bener-bener beda dibandingin sama gramedia, biarpun di loakan panas dan berdebu tapi seneng aja rasanya, saya termasuk hunter yang suka blusuk2 termasuk di johar, dan rewel sampai dapat harga yang saya inginkan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betullllllllllllllll!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Setuju sekali!

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...