Karawang dalam Sehari

“Apa seh tempat menarik di Karawang?”, itulah pikiran pertama kali ketika menjejak salah satu lumbung padi Pulau Jawa ini. Sekilas jika melewati Karawang via Jalur Pantura yang ada cuma kota kecil yang gersang dengan pemandangan sawah di kanan-kiri. Paling kita akan menghubungkan kota satu ini dengan ‘Goyang Karawang’ yang sempat heboh itu. namun, setelah tanya kiri-kanan dan simbah, berikut tempat wisata yang dapat kita kunjungi dalam sehari.

Curug Cigentis.
1.    Curug Cigentis
Di sebelah selatan dari pusat kota, kurang lebih satu jam perjalanan naik mobil, terdapat kawasan wisata yang terkenal dengan nama Curug Cigentis. Sebenarnya di sana tidak hanya Curug Cigentis saja, terdapat beberapa curug lain yang tidak kalah bagus dari Cigentis. Walau, tentu saja tidak sebesar air terjun utama.

Untuk menuju Curug Cigentis kita harus berjalan kaki kurang lebih satu jam melalui jala setapak yang cukup membikin ngos-ngosan. Tetapi tenang saja, di kanan-kiri sepanjang perjalanan banyak warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. Selain itu di sini juga terdapat sebuah waterboom yang cukup besar.

Air Terjun Kecil di Sebelah Cigentis.
2.    Alun-alun Kota
Sebagai kabupaten kecil di Jalur Pantura, Karawang memang terbilang sepi. Salah satu tempat yang asyik nongkrong di malam hari yakni, angkringan yang banyak ada di sudut-sudut kota. Ya, angkringan dan hek banyak terberan di kota ini. Di sinilah tempat muda-mudi menghabiskan malam.

3.    Bendungan Walahar
Bendungan satu ini terbilang unik. Bendungan yang mulai beroperasi sejak 25 November 1925 ini mempunyai dekorasi dan ornament bergaya Tiong Hoa. Dapat kita lihat dengan jelas dari bentuk atap dan ukiran di dindingnya. Bendungan Walahar membendung Sungai Citarum untuk mengairi sawah-sawah di Karawang.

Bendungan Walahar.
Akses Jalan di Bendungan.
Bendungan Walahar dari Bawah.
Selain bendungan, Walahar juga terkenal dengan warung-warung ikan bakarnya. Dengan harga yang terjangkau kita sudah dapat menikmati ikan bakar yang lezat. Ohya, jangan lupa juga untuk mampir ke Warung Sate Maranggi di sebelah bendungan, enak sekali.

4.    Candi Jiwa
Walau disebut candi, sebenarnya hanya seperti pondasi bangunan yang belum selesai. Struktur asli candi ini telah rusak hingga menyisakan bagian bawahnya saja. Dari pusat kota, Candi Jiwa berjarak kurang lebih 30 km ke arah utara.

5.    Pantai
Sebagai kabupaten yang berada di pesisir utara tentu Karawang memiliki sederet pantai yang menjadi pembatas wilayah dengan Laut Jawa. Pantai Karawang seperti layaknya pantai utara Jawa, hanya berpasir tanpa karang. Bentuknya seh biasa tanpa ada kesan yang menonjol.

Papan Arah Cigentis.
Itulah sedikit tempat yang dapat kita kunjungi di Karawang. Pariwisata di Karawang memang tidak menjadi daya tarik utama dalam sisi perekonomian warganya. Namun, jika ada kesempatan untuk mampir selama sehari, alternatif di atas dapat menjadi rujukan. (dm 080913)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...