Tips Membeli Sepatu di Mayestik

Ingin membeli sepatu berkualitas tapi murah? Baik sepatu untuk keperluan olahraga, kantor, atau bahkan trekking ke gunung. Semua jenis sepatu dari berbagai brand terkenal dapat kita dapati, sebut saja Nike, Addidas, Hi-Tech, atau Karrimor. Memang, tidak semua sepatu yang dijual asli. Ada yang seratus persen bajakan, ada yang fifty-fifty, ada pula yang ori. Semua bisa kita dapatkan di Mayestik, area khusus untuk menjual berbagai jenis sepatu.

Sepasang sepatu Berpasangan.
Mayestik terletak persis di sebelah Taman Puring, Kebayoran Lama. Dengan areal yang tidak lebih besar dari setengah lapangan bola, Mayestik selalu ramai oleh pengunjung. Apalagi di akhir pekan, beuh, penuh sesak di dalam. Biasanya puncak keramain hanya berlangsung saat sore hari. Ohya, rata-rata kios-kios penjual sepatu di sana sudah tutup menjelang magrib, jadi jangan sampai kemalaman kalau hendak ke sana.

Membedakan Sepatu Ori dan Palsu!
Bagi yang suka sepatu atau [terpaksa harus] mengerti tentang sepatu, tentu tidak sulit membedakan sepatu ori dan bajakan. Bahkan yang lucu lagi, ada yang fifty-fifty alias setengah-setengah. Jadi bagian atasnya, atau istilah sepatunya disebut upper, benar-benar asli tetapi bagian bawahnya atau outsole ternyata palsu. Tentu dapat langsung diketahui, si ‘pembuat’ sepatu ‘mendapatkan’ upper tersebut dari pabrik dan mengkombinasikan dengan outsole seadanya.

Dari beberapa kali berkunjung ke Mayestik, menurutku 80% sepatu yang dijual di sana adalah palsu. Oleh karenanya, kemampuan kita dalam membedakan sepatu ori dan kw sangat diperlukan. Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahuinya, selain dari bahan yang digunakan, cukup dengan melihat aksesoris yang melekat pada sepatu.

Mengingat hampir semua dari sepatu original tersebut melalui jalur tidak resmi atau BS (barang cacat), tentu aksesoris seperti hangtag, stiker negara tujuan, cup insole, atau tali cadangan jarang melekat pada sepatu itu lagi. Namun ada satu aksesoris yang tentunya masih terdapat pada tiap sepatu, yakni size label. Merk seperti Nike, Karrimor, atau Addidas tentu sudah mempunyai standarisasi size label tersendiri yang sama pada setiap model sepatunya.

Jadi, kuncinya adalah mengenali size label merk sepatu yang hendak kita beli. Misalnya untuk sepatu Nike tetapi pada size labelnya tidak menyertakan kode negara produksi di sudut kanan atas, seri model, list ukuran untuk empat negara, tentu patut untuk dicurigai. Tapi jangan pula hanya bergantung pada size label ini, karena benda kecil ini mudah sekali didapatkan oleh mereka yang berkecimpung di dunia sepatu. Nah lo…

Belilah Sepatu yang Sudah Dicoba
Penting sekali untuk memperhatikan secara seksama kualitas sepatu yang hendak kita beli mengingat sebagian sepatu yang dijual di Mayestik adalah barang cacat. Cacat sendiri dibedakan menjadi dua kategori, yakni komestik dan fungsional. Komestik hanya tampilan luar seperti kotor sedangkan fungsional mengacu pada fungsi dari sepatu seperti jahitan lepas atau bonding (sambungan upper dengan outsole) yang jelek. Sepatu dengan cacat kosmetik masih nyaman dipakai, tetapi cacat fungsional akan membuat kaki terasa sakit.

Proses Pembuatan Sepatu.
Trik sederhana untuk memeriksa sepatu dengan cepat: Pegang sepasang sepatu pada masing-masing tangan pada bagian outsole sehingga tali menghadap ke atas. Buka size label, pastikan ukuran kanan dan kiri sama. Periksa dengan jeli kondisi jahitan dan kebersihan sepatu. Bandingkan kiri dan kanan terutama tinggi heel, jangan sampai tinggi sebelah.

Penting sekali untuk mencoba sepatu yang hendak kawan beli dan hanya membeli sepatu yang sudah dicoba tersebut. Biasanya kita mencoba satu sepatu tetapi ketika hendak membeli kita ingin membeli barang yang masih fresh dan minta diambilkan stok dari gudang. Hal ini wajar saja, tetapi sebaiknya tidak dilakukan ketika membeli sepatu. Belilah yang kawan sudah coba. Mengapa? Karena ukuran sepatu yang tertera di size label sepatu tidak selamanya benar, bahkan untuk sepatu yang dijual di outlet resmi dengan jalur resmi sekalipun.  Trust me, I knew it well.

Terakhir, setelah mendapatkan sepatu yang kawan inginkan, tentu kita ingin mendapatkannya dengan harga yang murah. Di sini kemampuan negosiasi akan menentukan. Namun perlu juga diketahui patokan harga dasar sepatu di sana agar tidak memalukan atau kecolongan. Untuk sepatu original rata-rata dihargai 200-300 ribu (tahun 2012), bahkan bisa lebih murah lagi tergantung kemampuan menawar.

Itulah sedikit tips untuk hunting sepatu di Mayestik. Happy hunting. :) (dm 210913)

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...