Uwe Molino Tontouan

Satu lagi tempat wisata di Luwuk yang menarik dikunjungi di akhir pekan yakni Uwe Molino Tontouan. Uwe molino dalam bahasa lokal berarti air yang menggenang, mungkin sama artinya dengan telaga. Penasaran, saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat satu ini. Makin lama di Luwuk, ternyata makin banyak tempat-tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Asyiknya lagi, lokasi ini di seputaran Kota Luwuk, tidak butuh waktu lama untuk perjalanan ke sana.
 
Uwe Molino Tontouan.
Kurang lebih sepuluh menit dari pusat kota ke arah barat daya kita akan menemui sebuah plang kecil di pinggir jalan. Tulisan di plang tersebut yakni: Pemandian Wisata Uwe Molino Tontouan. Dinamakan demikian karena berada di Desa Tontouan. Dari pintu masuk, kita masih harus berjalan kurang lebih 300 meter menuruni tangga. Pemandian yang kita tuju ada di ujung tangga. Ohya, tidak ada penjaga pintu yang menjual tiket di sini, bebas alias free.

Pada awal perjalanan memang kelihatan gersang, namun setelah berjalan kurang lebih seratus meter akan banyak pepohonan yang meneduhi jalan. Teduhnya pepohonan dengan jalan yang naik turun ini sedikit mengobati rasa kangen akan suasana gunung.

Lokasi pemandian ini sebenarnya adalah sebuah sungai yang bercabang dua. Pada percabangan satunya membentuk cekungan agak lebar namun tidak begitu dalam. Di cekungan inilah lokasi pemandian itu berada. Sementara pada cabang satunya terdapat air terjun kecil yang tidak begitu tinggi. Airnya berwarna kehijauan, bersih, dan dingin. Asyik buat mandi.

Pada akhir pekan, tempat ini ramai dikunjungi anak-anak kecil yang ingin melepaskan penat bermain-main air bersama teman-teman. Meloncat dari batu besar di samping uwe molino, berenang ke sana kemari, sampai berendam di jernihnya air dapat dilakukan di sini. Di bagian atas, di mana sungai tidak begitu dalam, banyak anak-anak yang berumuran lebih kecil asyik bersenda gurau.

Luwuk memang banyak memiliki sungai-sungai yang jernih. Karena itu, jika ingin bermain air tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, di dalam kota pun kita sudah dapat menemukannya. Mungkin karena itu juga moto kota ini yakni Luwuk BERAIR, walau sebenarnya itu hanya akronim Bersih – Aman – Indah dan Rapi.

Jembatan.
Bermain Air.
Mandi Bersama.
Kolam yang Lebih Dangkal.
Jembatan (2).
Air Jatuh.
Plang Masuk.
Pada lain kesempatan saya ingin mengupas lokasi menarik lainnya yang dapat ditemukan di Luwuk. Happy travelling. (dm 052214)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...